" Assalamu'alaikum ... Selamat Datang di Laptop Lovers ... Wadah INFORMASI dan SILATURAHMI Komunitas Laptop Lovers ... Selamat Menikmati Layanan Share Info, Artikel, Materi, File, Aplikasi dan Software di Web Resmi milik kita bersama ... Laptop Lovers ... Pantau Terus Web Laptop Lovers guna mendapatkan info/artikel/file/aplikasi/software update ... dan tetap TERKONEKSI dengan Grub WA Laptop Lovers "

BREAKING NEWS / INFO Laptop Lovers

Home » » Rilis Aplikasi Feeder EMIS ( AFE ) Semester Genap 2019/2020 ( PANDUAN AFE )

Rilis Aplikasi Feeder EMIS ( AFE ) Semester Genap 2019/2020 ( PANDUAN AFE )

Dear Laptop Lovers Community ...
Sudah lama Admin LLC tidak posting artikel karena selama ini lebih banyak aktifitas di lapangan membantu kawan kawan Operator RA dalam pendataan ARDiRA.




Kini di bulan Februari 2020 kita kehadiran sebuah aplikasi EMIS RA baru sebagai pengganti dari EMIS Madrasah Online yang selama ini kita gunakan, input secara online. Namun karena online dirasakan banyak mengalami kendala pada saat masuk ke server dan aksesnya yang memang full online, maka Emispendis menelurkan sebuah aplikasi EMIS yang bersifat portabel yang disebut dengan Aplikasi Feeder EMIS ( AFE ).

AFE selanjutnya kita menyebutnya sebenarnya sudah diawali di Bulan Desember 2019 dengan dikeluarkan versi 1.0 ( Alpha ) Trialnya. Namun dengan dikeluarkan versi Finalnya, maka bagi kawan-kawan yang sudah pernah meng-aksesnya agar tidak menggunakan versi Trialnya lagi. Sekarang AFE yang digunakan dalam Pendataan EMIS Semester Genap adalah AFE versi 1.0 FINAL.


Penggunaan Aplikasi Feeder EMIS ( AFE ) di semester genap pun sudah dikuatkan dengan surat edarannya berikut ini :


Sebelum Admin singgung aplikasinya, ada baiknya admin lampirkan juga informasi perihal AFE ini yang admin nukil dari halaman EMIS Dashboard ( http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/dashboard/file/feeder_alpha1.pdf ) :



Aplikasi Feeder EMIS ( AFE ) versi FINAL yang telah dirilis dapat kawan-kawan download di :
Download Aplikasi Feeder EMIS ( AFE ) versi FINAL
atau bisa juga kawan-kawan download di : Download Aplikasi Feeder EMIS ( AFE )

Karena AFE ini aplikasi portabel yang saat didownload berbentuk rar, maka kawan-kawan perlu win rar atau zip untuk meng-extract nya terlebih dahulu.

Setelah terdownload AFE nya, maka extract to AFE



karena AFE ini aplikasi Portabel, maka agar tidak terselip atau tertukar atau tercampur aduk dengan folder lainnya yang tersimpan di laptop kawan-kawan, maka berinamalah folder tersebut dengan lebih jelas lagi. AFE yang bersifat portabel ini memungkinkan file nya bisa kawan-kawan letakkan di local (C), local (D), folder download, folder dokumen, folder music, ataupun folder video.


AFE memiliki 2 file, mysql sebagai database dan logo emis sebagai pembuka aplikasi, dan agar memudahkan kawan-kawan saat membuka AFE, maka klik logo EMIS nya send to Desktop saja sehingga akan membuat short cut di halaman muka Desktop.


Untuk selanjutnya saat peng-inputan data, bukalah AFE dari short cut AFE yang ada di Desktop.

Walaupun AFE ini bisa diinput dalam keadaan Offline, untuk pertama kali AFE mesti diinput dalam keadaan Online terlebih dahulu, karena pertama kali digunakan AFE masih dalam keadaaan KOSONG DATA nya sehingga perlu sedot data dari server EMIS terlebih dahulu dengan cara masuk ke menu DATA LAMPAU.

maka saat akan membuka bisa memilih OPEN atau RUN as administrator.


Pada windows 10 bila menjumpai hal seperti di bawah ini, maka klik allow access saja.

lalu masukkan username dan password seperti yang kawan-kawan gunakan saat masuk ke EMIS Madrasah di semester ganjil 2019/2020 kemarin.

Pilih OK


maka akan muncul data awal RA kawan-kawan yang masih dalam keadaan kosong ( 0 ) pada bagian siswa, GTK dan sarprasnya.


Untuk menyedot datanya dari server EMIS maka kawan-kawan bisa klik menu Data Lampau, lalu lakukan import data masing-masing dengan mengklik Execute ! masing-masing.

Import Data Siswa :




Import Data GTK :


Import Data Sarpras :



Proses import semua data ( siswa, GTK dan sarpras selesai )


Berdasarkan pengamatan Admin, data EMIS yang telah disedot ini mengalami penambahan jumlah siswa dan penambahan jumlah guru, padahal saat input data siswa di semester ganjil TP. 2019/2020 jumlah siswa yang diinput sudah sesuai dan kelebihan 2 guru ( saat sedot ada 5 guru ) sudah tak ada masalah, namun ternyata kelebihan murid dan guru tersebut kembali masuk ke data. 


Ada Menu apa saja pada AFE ( Aplikasi Feeder EMIS ) versi 1.0 FINAL ini ?




Menu Lembaga terdiri dari : Data Umum, Lokasi, Jarak, Perizinan, KKM, Penyelenggara dan BOS.  Pada RA menu KKM bisa dilewati saja. Setelah Admin telusuri data di menu lembaga tidak ada yang berubah, namun demikian kawan-kawan bisa men-cek ricek nya bila ada data yang keliru dan langsung meng-editnya.
Bila sudah selesai jangan lupa klik Update.

Menu Peserta Didik terdiri dari : Siswa Aktif, Ringkasan Siswa, Mutasi Keluar dan Mutasi Masuk. Pada AFE versi Trialnya hanya terdapat menu peserta didik saja, tidak ada siswa aktif, ringkasan siswa, mutasi keluar dan mutasi masuk.




Sekedar info saja, ada perbedaan diantara AFE versi FINAL dengan AFE versi Trial. Pada AFE FINAL tidak terdapat Tombol Delete ( Tong Sampah ) guna menghapus siswa. Begitu pula tidak disediakan pula Tombol untuk menambah siswa, bila ternyata siswa yang saat di semester ganjil kemarin sudah pas, tetiba berkurang. Dalam hal ini, Admin sengaja tidak menampilkan AFE yang versi Trialnya, agar nantinya tidak rancu saat kawan-kawan menginput AFE versi FINAL nya.

Biladijumpai ada siswa ganda, berlebih atau berkurang dilewati saja terlebih dahulu, karena memang tombol tambah siswa atau hapus siswanya tidak ada. Fokus pada siswa yang ada saja.


Jangan lupa untuk cek-ricek kembali bila dijumpai ada data yang berubah agar diedit, diisi dan diperbaiki pada menu action yang memiliki logo pensil. Cek dan isi kembali Data Umum, Data Khusus, Tempat Tinggal, Orang Tua, Alamat Orang Tua, PIP. Bila sudah benar jangan lupa klik Tombol Update.


Menu GTK

Pada penelusuran Admin saat membuka menu ini, dijumpai ada guru yang sudah keluar di tahun pelajaran lalu kembali masuk ke data AFE, ntah mengapa hal ini terjadi karena di EMIS Madrasah Online nya semester kemarin tidak ditemukan kasus seperti ini.
Namun demikian bila kita buka datanya, guru yang sudah keluar tapi kembali masuk, di data keaktifan tertera non-aktif.

Menu Sarpras




Menu Sarpras terdiri dari : Tanah, Ruangan, Listrik, Sanitasi, Internet, Pendukung. Bila kita buka datanya ternyata ada yang kosong, sehingga kita diminta input kembali. Bila ada yang keliru atau kosong agar diinput, lalu klik simpan atau perbaharui.

Menu SINKRONISASI


Setelah kita mengisi dan meng-input semua data lengkap dan benar, maka langkah selanjutnya selanjutnya adalah melakukan Sync ( SINKRONISASI ) ke server EMIS Pusat. Proses ini haruslah ONLINE seperti halnya saat kita pernah kali sedot data.


Kawan-kawan harus melakukan 4 Sync Data lembaga, data Siswa, Data GTK, Data Sarpras dengan meng-klik tombol execute!

Pasca SINKRONISASI
Setelah kawan-kawan melakukan SINKRONISASI, kawan-kawan bisa men-cek kembali hasil sinkronisasi nya di halaman web ( http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor ) : 






masukkan username dan password nya sama seperti yang kawan-kawan gunakan saat LOGIN AFE.

Berikut tampilan Feeder EMIS Monitoring lebih lengkapnya yang harus kawan-kawan akses setelah proses sync ( sinkronisasi ) AFE :























Bila Datanya sudah BENAR maka langsung KONFIRMASI DATA.
setelah itu Download dan Cetak BAP untuk ditandatangani Kepala Madrasah ( harap periksa dengan cermat isi BAP, jika masih ada perbaikan masih bisa dilakukan ).

Lalu  Upload BAP yang sudah ditandatangani (Tanda Akhir Pendataan)
AFE EMIS Semester Genap TP. 2019/2020 SELESAI !

Kawan-kawan LLC melengkapi Panduan AFE di atas, Admin juga akan lampirkan beberapa uraian/informasi perihal AFE yang pernah dishare oleh EMIS pendis dalam halaman web EMIS Dashboard : ( Silahkan dibaca dan diperhatikan dengan seksama )

A. Prosedur Pendataan EMIS Madrasah melalui AFE
=====================================================

1. Memiliki Akun EMIS (Bagi Lembaga yang belum memiliki akun EMIS, harap mendaftar terlebih dahulu dengan kordinasi Operator Kemenag Kabupaten/Kota)
2. Download Aplikasi Feeder EMIS (AFE) di halaman Menu Unduhan Dashboard EMIS => http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=aplikasi
3. Ekstrak Aplikasi di Komputer Lokal
4. Jalankan File emis.exe
5. Login sesuai Akun EMIS (Login Pertama harus Online)
6. Silakan Ambil Data pada menu Data Lampau (Siswa, Guru dan Sarpras)
7. Lakukan Update Data (Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras), bisa dilakukan offline.
8. Sinkronisasi Data
9. Cek Data hasil sinkroniasi di Feeder Monitoring (Online) => http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor
10. Konfirmasi Data
11. Download dan Cetak BAP untuk ditandatangani Kepala Madrasah (harap periksa dengan cermat isi BAP, jika masih ada perbaikan masih bisa dilakukan)
12. Upload BAP yang sudah ditandatangani (Tanda Akhir Pendataan)
13. Selesai


B. Troubleshooting AFE Versi 1.0
======================================

1. Gunakan Versi 1.0 yang terbaru/Final melalui link http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=aplikasi
2. Jika pertama kali loading aplikasi dibuka (ada pesan please wait) lama, tutup atau close aplikasi, kemudian jalankan kembali emis.exe
3. Jika form tidak bisa edit/dipilih seperti terkunci/lock, klik window luar aplikasi, kemudian kembali ke aplikasi.
4. Jika SignOut dalam kondisi aplikasi masih aktif untuk login lagi biasanya anda perlu klik window luar aplikasi kembali ke aplikasi lagi untuk login kembali.


C. Catatan:
==================


- Pada AFE tidak bisa dilakukan hapus dan tambah data
- Monitoring  hasil Sinkronisasi AFE dilihat di Feeder Monitoring


Fungsi Selengkapnya Feeder Monitoring:

1. Cek hasil Sync dari AFE
2. Cetak BAP
3. Mutasi Siswa (sebelumnya harus Sync Siswa AFE)
4. Tambah Data Siswa, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Siswa AFE)
5. Tambah Data Ruang Sarpras, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Sarpras AFE) 
6. Upload BAP (Lakukan Upload BAP, jika data yang diupdate sudah dipastikan valid)



Alamat Feeder Monitoring
http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor/


Share this article :

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Saran dn penjelasanya cukup bagus hanya sj utk praktek nya msh kendala mhn d bantu ya PK

irmaIrs! mengatakan...

Lengkap, jelasss. Mudah2an pas eksekusi lancar ya. Terimakasih banyak pak!

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2018. FK OPERA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger