" Assalamu'alaikum ... Selamat Datang di Laptop Lovers ... Wadah INFORMASI dan SILATURAHMI Komunitas Laptop Lovers ... Selamat Menikmati Layanan Share Info, Artikel, Materi, File, Aplikasi dan Software di Web Resmi milik kita bersama ... Laptop Lovers ... Pantau Terus Web Laptop Lovers guna mendapatkan info/artikel/file/aplikasi/software update ... dan tetap TERKONEKSI dengan Grub WA Laptop Lovers "

BREAKING NEWS / INFO Laptop Lovers

Home » » Bisa jadi ini Tanda-Tanda Laptop OPERA Mania terinfeksi VIRUS

Bisa jadi ini Tanda-Tanda Laptop OPERA Mania terinfeksi VIRUS

Salam OPERA !

OPERA Mania

Laptop adalah barang penting bagi kita yang setiap waktu bergelut dengan data dan berkas. Suatu keanehan kecil di laptop janganlah dianggap sepele. Bila OPERA Mania menjumpai laptop nya lemot dan membuka waktu lama saat membuka sebuah aplikasi atau program. Segera cek ricek dan dianalisasi keadaan laptop nya.

Ada beberapa sebab mengapa laptop berjalan lambat, bisa karena terinfeksi virus atau bisa juga karena laptopnya yang perlu diupgrade hardware nya akibat kebiasaan OPERA Mania terlalu banyak meng-install aplikasi.



Kebiasaan OPERA Mania meng-install aplikasi, bisa dimanfaatkan para pembuat malware yang dengan kepintarannya menyembunyikan niat jahatnya melahap laptop OPERA Mania secara diam-diam.

Karena itu OPERA Mania perlu mengetahui tanda-tanda apakah laptopnya terinfeksi virus atau karena memang laptopnya sudah jadul. Berikut tanda-tandanya :

1. Serangan Pop Up Windows
Apa itu Pop up Windows ? Pop up Windows adalah jendela yang biasanya muncul secara tiba-tiba ketika mengunjungi sebuah halaman web, biasanya iklan ini tidak diperlukan dan harus disingkirkan agar tidak mengganggu proses penjelajahan/browsing di web.
Pop up Windows bisa menjadi sebuah indikasi adanya software berbahaya yang diinstall pada laptop. Biasanya Pop up Windows itu adalah tanda adware atau trojan clicker

Bagi OPERA Mania yang sering browsing dan berselancar di internet mungkin ada yang pernah merasakan jengkel, tiba-tiba muncul Pop up Windows yang mana dalam nya berisi iklan penawaran produk tertentu. Nah itulah yang dinamakan spyware. Spyware merupakan program yang dirancang khusus untuk memata-matai aktifitas para pelancar internet saat browsing internet.

Spyware sebenarnya adalah pengembangan dari adware, tetapi spyware lebih jahat dari adware. Bagi yang tidak tahu mungkin akan menganggap spyware ini hal yang biasa, padahal ketika OPERA Mania mengklik link yang ada dalam Pop up Windows, spyware tersebut masuk ke dalam laptop OPERA Mania dan akan segera beraksi di laptop. Kalau sudah bereaksi, selain melambatkan laptop, spyware akan menampilkan pesan-pesan error, koneksi internet juga menjadi lemot, browser akan terbuka secara otomatis secara massal, default home page yang ada di browser berganti sendirinya, bisa menjalankan situs situs yang sebenarnya tidak diinginkan dan spyware bisa dengan sendirinya menambahkan beberapa situs pada bookmark atau favorites di browser.

2. Beberapa pengaturan ( settingan ) pada laptop OPERA Mania berubah dengan sendirinya. Ketika OPERA Mania menghidupkan laptop lalu menjumpai tiba-tiba settingan laptop berubah dengan sendirinya, tentu akan merasa heran bukan?
Jika hal ini terjadi ada kemungkinan laptop mulai terinfeksi virus. Apa ciri-ciri lainnya?
Umumnya ditandai saat OPERA Mania meng-klik sebuah aplikasi tapi akhirnya malah mengarah ke aplikasi lain.

3. Laptop beroperasi lambat saat membuka aplikasi bisa juga karena ada beberapa software terinstall di laptop OPERA Mania telah memakan banyak siklus CPU laptop

4. Terhubung secara acak ke beberapa website berbeda, ini juga bukti laptop telah terinfeksi virus dikarenakan OPERA Mania telah menggunakan software bajakan, mengunduh/mendownload dan membuka lampiran dalam folder spam atau bisa juga karena mengunjungi situs website berbahaya yang oleh para pencipta malware mengeksploitasi kerentanan dalam browser web dengan menyuntikkan sepotong kode kecil yang dapat berkembang menjadi virus

Nah, bagi OPERA Mania yang dalam kesehariannya memang bergelut dalam dunia maya, dunia internet, dunia data online, maka selain antivirus biasa yang terinstall di laptop melindungi laptop dari bahaya virus via flashdisk, OPERA Mania juga perlu melindungi aktivitas online nya dengan sebuah Antivirus Internet Security. Anti virus biasa umumnya, apalagi bila kita gunakan yang gratisan, hanya untuk melindungi laptop dari serangan virus yang tidak terhubung dengan jaringan internet atau internet dengan kata lain internet dalam keadaan off.

Guna melindungi laptop OPERA Mania dari serangan virus saat sedang browsing internet, maka OPERA Mania perlu menginstall antivirus internet security yang kegunaannya jauh lebih luas daripada sebuah antivirus, karena juga merupakan perlindungan yang menyeluruh terhadap aktivitas browsing OPERA Mania di jaringan internet.

Contohnya yang sering Admin gunakan adalah :

1. Kaspersky Internet Security




2. McAfee Internet Security




dan tentu masih banyak lagi yang bisa digunakan, namun kedua inilah yang pernah Admin pergunakan.
Memang biasanya Antivirus Internet Security bila full untuk digunakan 1 tahun umumnya berbayar alias jarang yang gratis, tapi guna keamanan laptop OPERA Mania tentu manfaatnya lebih kita utamakan daripada laptop kemudian mengalami rusak berat akibat serangan virus.
He he ... setiap pilihan akhirnya tentu ada di OPERA Mania ... Admin hanya sekedar memberikan gambaran, masukan dan saran.

Demikian, semoga bermanfaat.
Print Friendly and PDF
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2018. FK OPERA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger