" Assalamu'alaikum ... Selamat Datang di Laptop Lovers ... Wadah INFORMASI dan SILATURAHMI Komunitas Laptop Lovers ... Selamat Menikmati Layanan Share Info, Artikel, Materi, File, Aplikasi dan Software di Web Resmi milik kita bersama ... Laptop Lovers ... Pantau Terus Web Laptop Lovers guna mendapatkan info/artikel/file/aplikasi/software update ... dan tetap TERKONEKSI dengan Grub WA Laptop Lovers "

BREAKING NEWS / INFO Laptop Lovers

Home » » Hal Baru di EMIS RA Semester Ganjil TP. 2018/2019

Hal Baru di EMIS RA Semester Ganjil TP. 2018/2019

Apa khabar OPERA Mania ... Salam OPERA !

Setelah di bulan Juli kemarin kita baru saja menuntaskan EMIS Genap 1718, tanpa dirasa walau belum secara resmi dibuka, EMIS Ganjil 1819 sudah mulai tercium aromanya.


Walaupun tak selalu setiap hari dan waktu terbuka, kadang ditutup tapi lain waktu terbuka dan begitu terbuka web nya, tak ada salahnya kita menelusuri halaman demi halaman EMIS RA Ganjil 1819.

Ada perubahan alamat link nya, dari yang semula di EMIS 1718 dibuat khusus per masing-masing tingkatan ( untuk RA : http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah_ra/ ), sekarang kembali menjadi 1 pintu di link alamat :


Seperti pada gambar di bawah ini :





Menu - menu yang ada masih sama seperti tahun lalu


Ada tambahan Sub Menu baru di Menu Kesiswaan, yakni PPDB yang tampilannya tampak di bawah ini :


di Menu Siswa PPDB Ganjil, OPERA diminta mengupload hanya siswa baru saja yang berasal dari :
a. Langsung dari orangtua
b. PAUD

File apa yang diupload ? File tentang data Siswa Baru yang nantinya hanya akan memuat data yang berkaitan dengan Profil Siswa saja, untuk lain lain data siswa nya diinput di data siswa yang telah terupload. File tersebut berupa file excel template siswa baru yang setelah diisi, lalu di save as ke CSV ( Comma delimited ).

Berikut tampilan template siswa baru ppdb yang Admin peroleh dari berbagai sumber.



Dan di bawah ini petunjuk pengisiannya :






File template siswa baru di atas bisa OPERA Mania download di bawah ini :


Catatan :
Sebenarnya dalam dunia OPM, Admin menemukan ada 1 template lagi yang lain, hanya setelah Admin pelajari di template yang lain tersebut ada 2 buah kolom yang tidak cocok antara judul kolom dengan petunjuk pengisiannya sehingga Admin tidak jadikan rujukan buat OPERA Mania
tapi agar OPERA Mania tidak penasaran ( karena bisa jadi OPERA Mania pun sudah mendownload filelainnya tersebut ) tak ada salahnya Admin perlihatkan, karena khawatir dapat membingungkan dalam pengisiannya.






berbeda bukan antara Judul kolom T dengan Petunjuk Pengisian di kolom T. Satu lagi ...



berbeda lagi bukan pada kolom P nya. Karena itu Admin OPERA agar tak menimbulkan kebingungan bila ada OPERA Mania yang mendownload template lain, tidak memberikan rekomendasi model template yang seperti ini, tapi Admin merekomendasikan template yang bisa OPERA Mania download di atas seperti pada Download template siswa baru ppdb EMIS 1819.

Okeh .... jelas yach ... jangan salah template, agar tidak membingunkan diri.

Dalam input template siswa baru ( yang masih berupa file excel, untuk Penulisan Nama Siswa, Tempat Lahir Siswa dan Tanggal Lahir Siswa agar JANGAN SAMPAI SALAH PENULISANNYA, karena bila sudah diupload dan dijumpai ADA KESALAHAN, TIDAK DAPAT DIPERBAIKI KESALAHANNYA. 

Bila OPERA Mania sudah mengisi template tersebut, maka langkah selanjutnya adalah :




Plih CSV ( Comma delimited )



setelah di save, maka bentuknya akan seperti gambar di bawah ini


Nama template tersebut jangan diubah ya OPERA Mania, jangan ditambah tambahin.

File template siswa baru CSV ( Comma delimited ) ini lah yang akan kita upload.

Sebelum OPERA Mania upload atau bahkan input perhatikan lagi petunjuk ppdb siswa baru yang tertera di web EMIS tersebut yang berwarna merah dan yang tertulis di point paling bawah, yakni :



Data yang diupload merupakan data per Rombel per jenjang Pendidikan !!

Jadi bila RA OPERA Mania memiliki Kelas A rombel 01 dan 02, Kelas B rombel 01, 02, dan 03, maka template siswa barunya dibuat sesuai kelas dan rombel nya ( tapi ingat ya ... yang diinput hanya siswa baru langsung dari orangtua/PAUD, untuk siswa lama dan mutasi dari RA lain tidak dimasukkan ).

Template yang harus dibuat dan diupload bila jumlah kelas dan rombelnya seperti contoh di atas ada 5 template :
- template siswa baru kelas A rombel 01
- template siswa baru kelas A rombel 02
- template siswa baru kelas B rombel 01
- template siswa baru kelas B rombel 02
- template siswa baru kelas B rombel 03

Jadi sesuaikan dengan jumlah kelas dan rombelnya masing-masing dan Tidak dijadikan satu ke dalam satu template ya.

Dan untuk judul template nya tetap dengan penulisan template siswa baru, gak perlu diubah atau ditambah tambahi. Bila khawatir tertimpa, maka pindahkan file CSV yang telah tersave lebih awal ke folder lain dulu atau bedakan dengan membuat sebuah folder agar tidak tertimpa file CSV/template kelas/rombel lainnya.

Okeh ... Selamat bekerja !
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2018. FK OPERA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger