" Assalamu'alaikum ... Selamat Datang di Laptop Lovers ... Wadah INFORMASI dan SILATURAHMI Komunitas Laptop Lovers ... Selamat Menikmati Layanan Share Info, Artikel, Materi, File, Aplikasi dan Software di Web Resmi milik kita bersama ... Laptop Lovers ... Pantau Terus Web Laptop Lovers guna mendapatkan info/artikel/file/aplikasi/software update ... dan tetap TERKONEKSI dengan Grub WA Laptop Lovers "

BREAKING NEWS / INFO Laptop Lovers

Home » » Report : KOPDAR 3 OPERA Club Online di Pulau Tidung 16-17 September 2017

Report : KOPDAR 3 OPERA Club Online di Pulau Tidung 16-17 September 2017

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Salam OPERA !

OPERA Mania dimanapun berada .....
Alhamdulillah selesai sudah acara gelaran kegiatan KOPDAR 3 OPERA Club Online yang diadakan di Pulau Tidung mulai tanggal 16-17 September 2017. Ada sekitar 60 orang ( anggota lama dan baru OPERA termasuk tambahan serta narasumber ) yang ikut serta dalam kegiatan ini.



Berikut Report Acara KOPDAR 3 OPERA Club Online Sabtu, 16 September 2017 dan Minggu 17 September 2017 mulai perjalanan dari persiapan KOPDAR 3 .... lalu berangkat dari Pelabuhan Kali Adem Muara Angke Jakarta Utara hingga tiba ke Pulau Tidung .... serta kepulangan kembali menuju Jakarta.

IDE AWAL KOPDAR 3

Semenjak awal Tahun Pelajaran 2017/2018 Admin OPERA mencoba menelusuri info perihal EMIS semester ganjil 2017/2018. Tak dinyana, Admin mendapatkan beberapa informasi dari sumber-sumber yang dapat dipercaya, bahwa EMIS semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 akan mengalami banyak perubahan dibandingkan EMIS Tahun Pelajaran 2016/2017.

Akan ada hal-hal baru !!!

Nah ... mengingat SDM yang ada di tingkat RA ( Raudhatul Athfal ) dan banyaknya jumlah RA ( lebih kurang 330 RA ) di Jakarta Timur maka info hal seperti di atas tidak dapat diremehkan begitu saja dan perlu diantisipasi dan disosialisasikan ke anggota. Gerak cepatlah !!

Karena itu guna mengantisipasi dan mempersiapkan gelaran EMIS Semester Ganjil 2017/2018 Para Admin OPERA Club Online berinisiatif menggelar KOPDAR 3 OPERA sekaligus juga sebagai moment untuk melakukan Updating Keanggotaan OPERA di Tahun Pelajaran 2017/2018. Sering sekali Admin temui ada OPS yang di Tahun Pelajaran 2016/2017 menjadi OPS di RA nya namun di tahun berikutnya sudah tidak menjabat lagi sebagai OPS di RA nya tersebut, sementara OPS yang bersangkutan tidak memberikan konfirmasi atau pemberitahuan. Disamping itu juga seperti kita ketahui bersama bahwa di dalam setiap Pendataan EMIS, setiap OPS wajib melakukan updating terhadap surat tugas atau SK OPS nya yang telah expired ( telah habis masa berlakunya ).KOPDAR 3 juga dijadikan moment bagi OPERA Mania untuk bertanya kepada Narasumber perihal kesulitan atau problematika yang dihadapi saat mengerjakan SIMPATIKA semester ganjil TP. 2017/2018 dan kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan guna menghadapi EMIS 17/18?

SURVEI-SURVEI UNTUK KOPDAR 3




Ada beberapa tempat yang disurvei sebelum pada akhirnya Para Admin OPERA memutuskan Pulau Tidung sebagai tempat pelaksanaan KOPDAR 3 OPERA.

Rencana Awal yang kami survei adalah CURUG ( AIR TERJUN ) BIDADARI yang terletak di Sentul dekat Jungle Land. Setelah kami kunjungi, namun ternyata kondisi air terjunnya sedang sedikit airnya karena kemarau, sehingga kurang meyakinkan untuk kerja sambil refreshing.



Lalu kami beralih survei ke Camp Hulu Cai di TAPOS Bogor. Tempat nya bagus, alamnya bagus, Villa atau Penginapannya mendukung untuk kegiatan dengan jumlah besar. Namun biaya yang dikeluarkan untuk KOPDAR 3 di tempat ini bila jadi akan membutuhkan biaya yang sangat besar untuk tiap peserta nya antara Rp. 450.000 - 550.000,- untuk kegiatan KOPDAR. Akhirnya kami mundur teratur.




Sebelum kami meninggalkan Camp Hulu Cai para Admin OPERA berunding dan rapat kira-kira mencari alternatif akhir mengingat waktu yang semakin mendekati lauching EMIS dan yang mana di bulan Oktober para guru RA sudah mulai pemberkasan TPG kembali.
Akhirnya muncul sebuah ide dari salah satu Admin OPERA ( Pak Lutfi ) tentang kemungkinan KOPDAR 3 OPERA diadakan di Pulau Tidung. Setelah kami kalkulasi biaya yang akan dikeluarkan oleh peserta KOPDAR lengkap dengan biaya transportasi kapal laut, penginapan, makan, sarana refreshing yang diperoleh, biaya Narasumber, spanduk, dll nya ... Rp. 350.000,- per peserta dirasa cukup dan terjangkau, apalagi dengan nuansa alam yang berbeda dari lain daripada yang lain .... Nuansa laut dan pantai serta pulau .... waw !! Narasumber pun hanya memiliki waktu sebelum tanggal 20 September, di atas tanggal 20 September memiliki kesibukan pula dengan kegiatan OPS lainnya di Marasahnya. 






Akhirnya  Para Admin OPERA memutuskan KOPDAR 3 OPERA Club Online positif dilaksanakan di Pulau Tidung Kepulauan Seribu, hari Sabtu 16 September dan Minggu 17 September 2017.
Segera hari itu juga sepulang dari survei, Admin OPERA langsung kontak pihak Pulau Tidung ( mba' Diana Travel ) dan langsung memberikan uang tanda jadi !

Sesuai dengan PROGRAM OPERA yakni KOPDAR ala OPERA, KOPDAR ala OPERA adalah ajang kumpul kerja bareng membahas suatu materi atau problematika seputar OPERA, SIMPATIKA dan EMIS dengan NUANSA BERBEDA yakni NUANSA ALAM.

Jadi ada 2 sasaran dalam KOPDAR ala OPERA yakni KERJA dan REFRESHING. Dalam setiap gelaran KOPDAR, para OPERA Mania memang diharuskan membawa laptopnya untuk menggarap kerjaan OPERA, SIMPATIKA dan EMIS dengan suasana rileks, santai dan berinteraksi dengan ALAM.

Berikut kami postingkan Report Kegiatan KOPDAR 3 OPERA Club Online di Pulau Tidung dalam bentuk dokumentasi photo dan video yang kami ambil dan rekam :


Persiapan pembuatan Banner dan Spanduk KOPDAR 3 OPERA 





Selain Banner dan spanduk juga dipersiapkan kebutuhan Sound dan Infocus yang telah ready untuk KOPDAR 3 OPERA.

Juga dipersiapkan untuk para Peserta KOPDAR 3 jadwal kegiatan selama di Pulau Tidung :



Alhamdulillah hanya dalam waktu lebih kurang 1 minggu semuanya telah siap untuk keberangkatan KOPDAR 3 OPERA ke Pulau Tidung.

Sementara itu rata-rata dari para Peserta KOPDAR 3 OPERA hampir semuanya baru pertama kali merasakan akan naik perahu/kapal laut .... baru pertama kali menyeberangi lautan luas ....
Kebayangkan bagaimana perasaan mereka sebelumnya .... ? 
Berani menjawab tantangan .. OPERA Mania ?
Lanjut .... !!!

Tiba di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke Jakarta Utara 

Akhirnya dengan semangat bagai di lagu " Nenek Moyangku seorang Pelaut .... " satu persatu para Peserta KOPDAR 3 OPERA tiba di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke Jakarta Utara ... Ada yang seorang diri, ada yang membawa pasangan hidupnya, ada yang membawa putra-putrinya, ada yang membawa bayinya, .... kalau Admin bawa apa ya? Bawa tas ransel aja dah .... dah berat banget !!







Di atas perahu perjalanan menuju ke Pulau Tidung 

Dan akhirnya moment yang ditunggu-tunggu .... berlayar ... ups.. gak pake layar deh ... tiba.
















Dalam perjalanan di atas perahu menuju ke Pulau Tidung ini para peserta KOPDAR 3 OPERA terbagi menjadi 2, 1 kelompok ada di bawah yang perahunya memiliki tempat duduk dan 1 kelompok di atas yang duduk lesehan .... kebetulan foto-foto di atas ada di atas duduk lesehan.

Tiba di Pulau Tidung dan di Homestay .... 


Akhirnya setelah lebih kurang 2 jam mengarungi Lautan Samudera ... melampaui beberapa pulau .... Ayo tebak .... kita lewatin Pulau apa aja kemarin ?

Peserta KOPDAR 3 OPERA tiba di Pelabuhan Pulau Tidung ..... 

Dan sesampainya di Perkampungan .... apa yang dicari ? Minuman dan Es ... saudara-saudara .... Haus Bro rupanya ... 

Hidangan Welcome Drink dan Makan siang sudah tersedia yang langsung DISERBU PESERTA KOPDAR 3 OPERA sesampainya di Homestay



Homestay Kita neh .....











ada 2 lagi homestay di luar area .... mengingat banyaknya jumlah Peserta KOPDAR 3 sehingga panitia menambah 2 homestay lagi, namun karena di dalam area terbatas, jadi ada 2 homestay yang ada di luar area.


KEGIATAN SNORKLING di PULAU PAYUNG

Setelah sholat dzuhur, makan siang dan merapikan barang di Homestay ... Kini para Peserta KOPDAR 3 akan memulai petualangannya di Pulau Tidung ...

Dengan BERSEPEDA RIA dan BERBENTOR RIA bagi yang bawa balita ... dengan RIANG GEMBIRA para Peserta KOPDAR antusias menuju ke Jembatan Cinta untuk petualangan PERTAMA nya ... yakni, ... SNORKLING di Pulau Payung !!!

Dengan menggunakan PERAHU MOTOR KECIL ... ini adalah PENGALAMAN KEDUA lagi membelah lautan dengan ombak lautan yang MENYAMBAR-NYAMBAR ... siapa takut !!

















































































Setelah basah-basahan dengan SNORKLING ... Pengalaman pertama kami pula menyelam di lautan .... kami kembali ke Pantai menuju JEMBATAN CINTA dan permainan BANANA BOAT ...

Basah basahan lagi .... Bro .... !!
Kalau ke Pantai dan Laut kalau gak basah .... kayaknya gimana gitu ... he he he ...

Emang sering seh kita ke Ancol .... tapi gak pernah MENGALAMI SENSASI yang SEPERTI ini Bro .... KAPAN LAGI ... kalau gak sekarang ... dah jauh-jauh nyeberangi lautan neh ...













































Malam harinya setelah makan malam dan sholat Isya, masuk kepada Acara Inti dari KOPDAR 3 OPERA yakni, Updating Keanggotaan OPERA TP. 2017/2018, SIMPATIKA TP. 2017/2018 dan EMIS Semester Ganjil TP. 2017/2018.


Setelah kegiatan Snorkling dan Banana Boat yang lumayan padat ... Alhamdulillah OPERA Mania Peserta KOPDAR 3 tetap semangat, antusias dan melek mendengarkan uraian mulai dari Penjelasan tentang OPERA Club Online dari Admin OPERA, lanjut ke uraian SIMPATIKA dan EMIS TP. 2017/2018 yang disampaikan oleh Bapak Ahmad Fakhruddin, M.Pd atau yang biasa dikenal dikalangan OPS dengan nama Bapak Ahmad Vaendink dengan didampingi oleh Ibu Nina Ridiani, peserta antusias melawan ngantuk hingga jam 23:30 wib .... waw !!!
Selesai materi masih dilanjutkan dengan makan BARBEQUE dan IKAN BAKAR .... Mantabs !!!







































LUAR BIASA !!!

Jam 24:00 wib para Peserta KOPDAR 3 OPERA kembali ke Homestay nya masing-masing untuk beristirahat yang mana esok paginya hari Minggu tanggal 17 September 2017 adalah acara bebas berjalan-jalan masing-masing dan jam. 09:00 wib persiapan pulang kembali menuju Jakarta.


Kegiatan Acara Bebas di hari Minggu pagi, 17 September 2017

Akhirnya perpisahan dengan Pulau Tidung segera tiba .... Namun waktu yang ada sebelum kami kembali pulang ... kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk menikmati seluk beluk Pulau Tidung yang di hari Sabtu nya belum sempat kami jelajahi ... yakni PANTAI CEMARA KASIH !

Kembali dengan BERSEPEDA RIA kami ( Para Peserta KOPDAR 3 ) menuju Pantai Cemara kasih untuk BERFOTO BERSAMA ...
Bahkan ada juga DIANTARA PESERTA KOPDAR 3 yang semenjak SUBUH sudah berada di Pantai Cemara Kasih guna ingin melihat MUNCULNYA MATAHARI TERBIT ... RRRUARRRR BIASSSAA .... padahal kita abis LEMBUR ampe jam 24:00 wib ....

KAPAN LAGI Broo .... Sayang kalau DILEWATKAN begitu saja ....











































PULANG kembali ke JAKARTA 

Hiks ... hiks ... hiks ... ada Pertemuan dengan Pulau Tidung dan ada Perpisahan dengan Pulau Tidung ....

Akhirnya jam. 10.00 wib kami pun sudah harus berkemas dan tiba di Pelabuhan Pulau Tidung untuk segera naik ke kapal/perahu guna melanjutkan perjalanan pulang menuju Jakarta.

Terima Kasih Pulau Tidung ... Terima Kasih warga Pulau Tidung ... 

Walau hanya 1 hari, tapi pengalaman yang kami peroleh sudah memberikan kesan luar biasa tersendiri bagi kami para PESERTA KOPDAR 3 ... Pengalaman Berangkat naik perahu pertama kali bagi kami ... Pengalaman berada di sebuah Pulau yang menuju ke sana harus menyeberangi lautan luas dan melewati beberapa pulau ... serta Pengalaman menyelam/snorkling bagi kami ... juga pengalaman menaiki banana boat ... Dan yang sangat LUAR BIASA SEKALI bagi kami adalah PENGALAMAN PERTAMA KALI KOPDAR .. GELAR  LAPTOP dan MATERI SIMPATIKA dan EMIS di Pinggir Pantai di waktu malam .... Mantabs ... Tidung !!!














Syukur Alhamdulillah Admin panjatkan kehadirat Ilahi Robbi, Alloh SWT, karena berkat LINDUNGAN NYA kita bisa sampai di Pulau Tidung dan bisa kembali pulang ke rumah masing-masing di Jakarta dengan keadaan selamat tak kurang suatu apapun.

Terima kasih Admin ucapkan kepada OPERA Mania yang telah MENGORBANKAN WAKTU, TENAGA dan DANA nya guna MENSUKSESKAN ACARA KOPDAR 3 OPERA Semester Ganjil TP. 2017/2018 ... Tanpa DUKUNGAN dan PARTISIPASI OPERA Mania dalam mendukung, mensukseskan KEGIATAN OPERA ... maka kami ( OPERA ) tidak akan jalan ... Karena OPERA Mania maka kami ( OPERA Club Online ) ada.

Kepada Para Admin OPERA ( Pak Nisan, Pak Lutfi, Bu Sri Purwaningsih, Pak Halim dan Bu Fatimah ), ..... 2 JEMPOL ABISSS .... yang tak pernah lelah berupaya agar KOPDAR 3 OPERA TERLAKSANA ...

Buat NARASUMBER KOPDAR 3 OPERA, Bapak Ahmad Fakhrudin, M.Pd dan Ibu Nina Ridiana ... terima kasih banyak atas WAKTU YANG TELAH DISEDIAKAN guna membantu dan membimbing kami para Operator RA di Jakarta Timur. Kami berharap seperti yang kami sampaikan saat di Pulau Tidung, Bapak dan Ibu dapat terus membimbing kami baik dalam setiap Pendataan SIMPATIKA maupun EMIS TP. 2017/2018.

Terima Kasih .... SAMPAI JUMPA di OPERA Gathering 2018 !

Share this article :

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Baru sempet baca.. Ini keren banget pak

Club opera indonesia mengatakan...

KOPDAR 3 OPERA ... Sensasi KOPDAR OPERA lain daripada yang lain !

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2018. FK OPERA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger