" Assalamu'alaikum ... Selamat Datang di Laptop Lovers ... Wadah INFORMASI dan SILATURAHMI Komunitas Laptop Lovers ... Selamat Menikmati Layanan Share Info, Artikel, Materi, File, Aplikasi dan Software di Web Resmi milik kita bersama ... Laptop Lovers ... Pantau Terus Web Laptop Lovers guna mendapatkan info/artikel/file/aplikasi/software update ... dan tetap TERKONEKSI dengan Grub WA Laptop Lovers "

BREAKING NEWS / INFO Laptop Lovers

Home » » Fitur SKAKPT di SIMPATIKA

Fitur SKAKPT di SIMPATIKA

OPERA Mania dimanapun berada
Salam OPERA !


Di awal tahun 2018 ini, Layanan SIMPATIKA Kemenag memunculkan beberapa fitur baru diantaranya SKAKPT. SKAKPT lengkapnya adalah Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan dengan Kode Dokumen S36a bagi Kepala RA dan S36b bagi Guru RA.
SKAKPT hanya diperuntukan bagi Guru dan Kepala RA yang sudah Sertifikasi. Bagi PTK yang PNS, SKAKPT biasanya disertai dengan update SK PNS Golongan Terakhirnya dan update masa kerjanya.



Berikut cara input menu SKAKPT di bawah ini yang bisa menjadi Panduan bagi OPERA Mania.

Data-Data atau Dokumen yang harus dipersiapkan sebelum menginput SKAKPT :
1. Bagi Guru/PTK PNS yang sudah Sertifikasi :
    a. SK Golongan Terakhirnya/Terupdatenya, misalkan bila yang bersangkutan sudah naik golongan dari 3a ke 3b, maka yang diupload SK 3b nya, begitu pula dengan Nomor SK dan Masa Golongannya sudah tentu sesuai yang tertera di SK 3b nya. Bagaimana bila Nomor SK yang tertera di Menu SKAKPT masih nomor SK 3a nya atau TMT yang tertera masih TMT SK 3a nya? Maka PTK harus merubah Riwayat Pegawai pada Menu Karirnya. Bila masih belum tertulis SK 3b nya, maka tambahkan. Lalu printout S12a hasil perubahannya. Secara otomatis, maka Nomor SK Golongan dan TMT nya yang tertera adalah 3b. Selanjutnya tinggal mengupload SK ASLI dari Golongan 3b ( misalkan ) nya dalam format JPG atau PNG maksimal tidak boleh lebih dari 1 Mb. Perlu diingatkan kembali untuk TMT dan Masa Kerja Golongan harus sesuai dengan yang tertera di SK Golongan terupdatenya, jadi bukan masa kerja golongan yang tertera atau terhitung hingga di SK Yayasan TP. 2017/2018, agar tidak salah pengertian dan tidak salah input atau membuat masa kerja golongan seenaknya sendiri.
      b. NPWP PTK, scan NPWP ASLI nya dalam format JPG atau PNG , lalu tulis Nomor NPWP dan upload hasil scannya dengan ukuran tak lebih dari 1 Mb.
      c. Buku Rekening Tabungan Sertifikasi Aslinya. Discan dan diupload dengan ukuran tidak lebih dari 1 Mb. Diisian, tulis nomor rekening, nama Bank, nama Penabung sesuai yang tertera di Buku Rekening Tabungan Sertifikasinya dan Nama Cabang Banknya sesuai dengan yang tertera di buku rekeningnya. Dalam beberapa kasus, contohnya, bila ibu bapak pernah mengganti di lain kantor bank, biasanya akan tertulis nama Bank sesuai ibu bapak mengganti bukunya. Misalkan awalnya ibu bapak membuka rekening di Bank BRI dengan kantor Cabang Pondok Kopi ( kode banknya 1389  ), lalu karena bukunya habis, mengganti buku di kantor Bank BRI lain, otomatis yang tertera Nama Bank BRI ditempat memperbaharui buku rekeningnya, tapi kode banknya tetap kode Bank BRI asalnya yakni 1389 ... hanya nama bank BRI nya saja yang berubah.
2. Bagi Guru/PTK Non PNS Sertifikasi :
    a.   NPWP PTK, scan NPWP ASLI nya dalam format JPG atau PNG , lalu tulis Nomor NPWP dan upload hasil scannya dengan ukuran tak lebih dari 1 Mb.
    b.  Buku Rekening Tabungan Sertifikasi Aslinya. Discan dan diupload dengan ukuran tidak lebih dari 1 Mb. Diisian, tulis nomor rekening, nama Bank, nama Penabung sesuai yang tertera di Buku Rekening Tabungan Sertifikasinya dan Nama Cabang Banknya sesuai dengan yang tertera di buku rekeningnya. Dalam beberapa kasus, contohnya, bila ibu bapak pernah mengganti di lain kantor bank, biasanya akan tertulis nama Bank sesuai ibu bapak mengganti bukunya. Misalkan awalnya ibu bapak membuka rekening di Bank BRI dengan kantor Cabang Pondok Kopi ( kode banknya 1389  ), lalu karena bukunya habis, mengganti buku di kantor Bank BRI lain, otomatis yang tertera Nama Bank BRI ditempat memperbaharui buku rekeningnya, tapi kode banknya tetap kode Bank BRI asalnya yakni 1389 ... hanya nama bank BRI nya saja yang berubah.

Hasil upload dokumen SK Golongan, NPWP dan Buku Rekening bisa dilihat kembali guna memastikan apakah file yang diupload berhasil atau tidak, dengan cara meng KLIK File Scan nya.

Input Data SKAKPT :


Data yang sudah di klik SIMPAN 👇



File Dokumen yang tadi kita upload bisa kita lihat kembali dengan cara mengklik file dokumen tersebut :




Bila sudah diinput datanya, maka klik JADIKAN PERMANEN, cetak printout S36a untuk Kepala RA dan S36b untuk Guru RA. Serahkan S36a dan atau S36b ke Admin SIMPATIKA Kota/Penmad untuk disahkan. Jangan lupa lampirkan fotocopy SK Golongan ( bagi PNS ), fotocopy NPWP dan fotocopy Buku Rekening Tabungan Sertifikasinya ( halaman yang memuat nama dan nomor rekening Penabangnya saja ) masing-masing 1 lembar.


Bila sudah sudah diapprove Admin SIMPATIKA Kota/Penmad, maka disebelah Kelengkapan Data SKAKPT akan muncul menu Cetak SKAKPT nya.


Yang perlu diperhatikan juga sebelum OPERA Mania Input Data SKAKPT, PTK harus sudah mencetak dan mengprintout SKMT dan SKBK barulah menu Cetak SKAKPT ini akan muncul juga.

Berikut Cara Cetak SKAKPT :
SKAKPT bisa dilakukan per bulan per bulan ( Januari atau Februari atau Maret atau April 2018 ) dan bisa juga langsung dibuatkan rentang dari bulan Januari s/d April 2018.


Untuk Kepala RA, printout SKAKPT berbentuk S36c

Untuk Guru Printout SKAKPT berbentuk S36d


Nah OPERA Mania demikianlah panduan cara INPUT dan CETAK SKAKPT, semoga bermanfaat.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2018. FK OPERA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger