" Assalamu'alaikum ... Selamat Datang di Laptop Lovers ... Wadah INFORMASI dan SILATURAHMI Komunitas Laptop Lovers ... Selamat Menikmati Layanan Share Info, Artikel, Materi, File, Aplikasi dan Software di Web Resmi milik kita bersama ... Laptop Lovers ... Pantau Terus Web Laptop Lovers guna mendapatkan info/artikel/file/aplikasi/software update ... dan tetap TERKONEKSI dengan Grub WA Laptop Lovers "

BREAKING NEWS / INFO Laptop Lovers

Home » » ABSENSI PTK via SIMPATIKA

ABSENSI PTK via SIMPATIKA

OPERA Mania dimanapun berada .... Salam OPERA !

Ada yang terasa baru di SIMPATIKA semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ini, yakni mulai beroperasinya ABSENSI PTK di SIMPATIKA. Menu Absensi PTK di SIMPATIKA ini sebenarnya doeloe pun sudah ada, namun saat itu masih layanan berbayar dan sekarang sudah gratis, sehingga sudah bisa diakses oleh semua PTK di SIMPATIKA.

Apa wujudnya dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut uraiannya Admin sampaikan di bawah ini.



Menelusuri Menu ABSENSI PTK di SIMPATIKA

Masuk ke Halaman Login SIMPATIKA, klik Login Admin

 
Masukkan : NUPTK Kepala RA dan kata sandinya/password NUPTK Kepala RA ( untuk Login Admin juga ).





Klik lihat semua fitur pada Menu Absensi



Ada 2 Pilihan Menu Absensi, Absensi sebagai Guru dan Absensi sebagai Staff ( misalnya, TU murni .. TU yang tidak mengajar atau masuk kelas bila di RA, karena masih ada dijumpai di RA, guru merangkap jabatan sebagai TU atau TU merangkap jabatan sebagai guru juga )


Dalam postingan kali ini yang Admin ambil xample adalah Absensi Guru, karena mayoritas di RA adalah sebagai Guru, walaupun ada dijumpai merangkap kerjaan TU, tetapi jabatan utamanya adalah biasanya sebagai Guru. Namun untuk Absensi sebagai Staff tampilannya pun sama dengan Absesni Guru.


Bila diperhatikan saat ini, default Absensi di SIMPATIKA adalah secara otomatis semua PTK setiap harinya sudah √ ( terceklist = Hadir ), jadi Admin RA/Madrasah cukup mengeditnya bila ada PTK/Guru yang tidak hadir. Namun menurut informasi yang Admin peroleh, ke depannya tidak akan Default seperti itu, yang mana nantinya PTK/Guru akan absensi setiap hari dengan mengedit dan memilih tanda √ bila hari ini hadir mengajar/bekerja di sekolah/madrasahnya.
Berikut keterangan dari simbol absensinya :






Bagaimana cara mengeditnya? Ada 2 cara, yakni :

Cara Edit 1 per 1 pada masing-masing Guru/PTK dengan mengklik simbol ▽ , maka akan muncul ...
( lihat gambar yang di kotak merah ), lalu klik simbol pensil ( edit ).


maka akan muncul ... ( gambar di bawah ) lalu pilih sesuai status kehadiran dan klik simpan. Bila pula selanjutnya bila ada 2 atau lebih guru/PTK yang tidak hadir, lakukan edit yang sama sesuai pilihan ketidak hadirannya ( namun bila nanti ke depan defaultnya bukan Hadir/√, maka Admin sekolah harus merubahnya setiap hari bila guru/PTK yang bersangkutan Hadir ke simbol √ ).


Nah, cara di atas dilakukan secara 1 per 1 per masing-masing Guru/PTK. Berikutnya ada cara lain atau cara yang ke dua, yakni mengunduh-mengisi-mengupload kembali form excel absensi gabungan semua Guru/PTK, caranya :

Klik simbol unduh form excel absensi ( yang dikotak merah pada gambar di bawah ini ).


Klik unduh Format Absensi, maka akan terunduh form excel absesnsinya yang bisa dilihat unduhannya biasanya di laptop tersimpan di folder download.


 Setelah dibuka form excelnya, untuk Kode Sistem jangan diubah dan jangan diedit, biarkan saja. Untuk Absensi disesuaikan dengan status kehadiran. Pada saat ini Defaultnya adalah Hadir, jadi Admin cukup mengedit bila ada guru/PTK yang tidak hadir saja, bila semuanya Hadir, maka tidak perlu diedit. Tetapi bila ke depan nantinya yang Default bukan lagi simbol Hadir, maka Admin harus mengedit dan mengabsensi guru/PTK setiap harinya.



Setelah di edit maka unggah/upload kembali form excel absensi yang telah diedit dengan mengklik kembali ...
Klik Pilih File yang akan di upload di laptop anda.

Masukkan form excel absensi ( file format xls ) yang sudah diedit.
maka akan muncul file unggahannya seperti pada gambar di bawah ini, lalu klik unggah.


Di atas adalah cara input absensi guru/PTK dengan menggunakan form excel ( input secara keseluruhan, bukan 1 per 1 ).

Nah, kalau diperhatikan, Absensi SIMPATIKA baru muncul pada tanggal 23 Maret 2018. Bagaimana cara menginput Absensi di bulan Januari, Februari dan tanggal sebelum 23 Maret 2018 ?

Admin RA/Madrasah cukup mengeditnya dengan mengkilk terlebih dahulu simbol Kalendar guna mengatur Tanggal/Bulan/Th Absensi Guru/PTK yang akan diedit.



Silahkan klik tanda ◀ guna melihat ke Bulan sebelumnya ( misalkan, Januari, Februari 2018 ).





Baru saja Admin memperoleh info terbaru ( 07/04/2018 ) perihal kemunculan menu pengaturan libur di absent simpatika, berikut tampilannya :


👆 ini akan muncul otomatis begitu OPERA Mania akan masuk ke Absensi PTK Simpatika
Pilih hari libur nya ( dalam hal ini Sabtu dan Minggu ) sehingga secara otomatis pada hari Sabtu dan Minggu akan terblok dalam setiap bulannya. Namun sepertinya untuk hari libur selain sabtu dan minggu masih bingung bagaimana cara menginputnya, karena kalau dicoba misalkan,  senin 1 januari 2018 Libur Tahun Baru pada hari senin, maka bila kita arahkan kalendar pada tanggal 1 januari tersebut lalu kita pilih hari senin tanggal 1 januari tersebut ceklist libur, maka malah jadinya hari senin disetiap bulan yang malah terblok semua. Sepertinya untuk hari libur selain sabtu minggu masih menunggu perkembangan selanjutnya.


 ðŸ‘† Pengaturan hari libur bisa juga melalui tombol seperti pada gambar di atas

Demikianlah cara menginput Absensi Guru/PTK yang ada di SIMPATIKA. Bila gambar-gambar di atas dirasa kurang jelas, anda bisa mengklik gambar, maka akan terbuka gambar yang lebih jelasnya. Semoga bermanfaat.

Share this article :

5 komentar:

MI CIOKONG mengatakan...

terimakasih infonya. lalu bagaimana cara mencetak absen yang sudah jadi mas?

Unknown mengatakan...

bagaimana cara mengabsen guru non induk apakah tidak perlu di absen di sekolah non induk?

Club opera indonesia mengatakan...

untuk cetak absensi PTK di Simpatika, simbol printer yang biasanya digunakan untuk cetak sebagaimana halnya yang ada di jadwal mingguan belum muncul, jadi belum bisa cetak ... kalau cetak absent untuk TPG masih pakai dari fingerprint

Club opera indonesia mengatakan...

di Admin sekolah munculkah Bu? kalau sudah pernah input S20 biasanya PTK muncul juga di Admin dan absentnya muncul juga

Unknown mengatakan...

MINTA CONTOH ABSEN 2 BULAN

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2018. FK OPERA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger