" Assalamu'alaikum ... Selamat Datang di Laptop Lovers ... Wadah INFORMASI dan SILATURAHMI Komunitas Laptop Lovers ... Selamat Menikmati Layanan Share Info, Artikel, Materi, File, Aplikasi dan Software di Web Resmi milik kita bersama ... Laptop Lovers ... Pantau Terus Web Laptop Lovers guna mendapatkan info/artikel/file/aplikasi/software update ... dan tetap TERKONEKSI dengan Grub WA Laptop Lovers "

BREAKING NEWS / INFO Laptop Lovers

Home » » Centang ( Ceklist ) 2 pada Verval NSM di SIMPATIKA 2018

Centang ( Ceklist ) 2 pada Verval NSM di SIMPATIKA 2018

OPERA Mania dimanapun berada ....

Pagi tadi sempat heboh .... karena adanya 2 perbedaan tampilan saat Operator RA melakukan Verval NSM di SIMPATIKA, silahkan diperhatikan 2 gambar di bawah ini.


Gambar 1 ( yang Admin kerjakan )


Gambar 2 ( yang Admin peroleh dari grub Medsos )




Terlihat perbedaannya, pada gambar 1 di nama Madrasah hasil validasinya tidak ada tanda ( ✅ ), sedangkan pada gambar 2 di nama Madrasah hasil validasinya terdapat tanda ( ✅ ).

Admin mencoba mencari tau dan konfirm ke beberapa kawan-kawan Operator, baik dari tingkat RA, MI, MTs dan MA perihal adanya perbedaan tersebut.

Sedikit heran dan terkejut juga, karena Admin sendiri sudah mencoba mengikuti langkah-langkah Verval NSM di SIMPATIKA, tetapi mengapa kok hasilnya bisa berbeda bila melihat 2 gambar di atas. Khawatir bila Admin salah input atau ada kesalahan data.

Admin mencoba bertanya ke beberapa kawan Operator tingkat MI, MTs dan MA dan dari hasil diskusi, akhirnya bisa Admin simpulkan :

1. Rata-rata tampilan gambar dari hasil cek data pada proses Verval NSM di Layanan SIMPATIKA pada bagian hasil validasi nama Madrasah adalah centang ( ✅ ) 2

2. Hanya 1 gambar itu saja yang menunjukkan centang ( ✅ ) 3

3. Selama tidak ada perbedaan penulisan nama antara nama Madrasah di SIMPATIKA dengan nama Madrasah di EMIS, maka lanjut saja KLIK SIMPAN


4. Kalau diperhatikan, pada kolom SIMPATIKA tertulis dengan RA ... sedangkan pada kolom EMIS .. tanpa kata RA. Dari hasil diskusi dengan kawan OPM, perbedaan dengan adanya penambahan dan tanpa kata RA, tidak menjadi masalah, karena memang pada EMIS untuk penulisan nama Madrasah tanpa disertai dengan kata RA.


5. Yang perlu dicermati, bila adanya perbedaan penulisan nama antara di kolom SIMPATIKA dengan di kolom EMIS. Bila kesalahan penulisan nama Madrasah ada di SIMPATIKA, maka perubahan nama Madrasah agar menghubungi Admin SIMPATIKA Kab/Ko. Namun bila kesalahan nama Madrasah ada di EMIS, maka perubahan nama harus melalui Verval NSM di EMIS yang di Tahun 2016 pernah kita lakukan pada saat input data Verval SP di EMIS atau menghubungi Admin EMIS Kab/Ko di wilayah masing-masing. Terus bila memang dijumpai ada kesalahan atau perbedaan agar JANGAN KLIK SIMPAN DULU.

6. Admin juga mendapatkan gambar berikut ini dari kawan Operator RA yang mana tidak ada tanda centang ( ✅ ) sama sekali saat Verval NSM di SIMPATIKA ( lihat gambarnya di bawah ini ), namun setelah Admin diskusi dengan kawan OPM, ternyata itu hanya masalah SINYAL. Silahkan direload atau dicoba ulangi lagi.


6. Admin juga mendapatkan sebuah gambar, apabila Operator RA merasa ada kesalahan saat melakukan Verval NSM di SIMPATIKA sementara dirasa mungkin tidak ngeh ada nama Madrasah yang berbeda di kolom SIMPATIKA dan EMIS tapi sudah terlanjur KLIK SIMPAN, maka Verval NSM tersebut ternyata bisa dibatalkan melalui bantuan Admin SIMPATIKA Kab/Ko wilayahnya masing-masing.

Perhatikan gambar berikut ini ( yang dilingkari merah ) :


KESIMPULANNYA : Centang ( ✅ ) 2 .... AMAN, selama tidak ada kesalahan atau perbedaan siknifikan di nama Madrasah yang ada di kolom SIMPATIKA dengan kolom EMIS pada Menu Verval NSM di SIMPATIKA. 
Maka bila sudah BENAR dan SAMA, langsung saja KLIK SIMPAN

Catatan Tambahan :

Nama RA di kolom SIMPATIKA bisa saja berbeda dengan yang ada di kolom EMIS karena :
1. Nama RA yang diinput di SIMPATIKA adalah dilakukan oleh Admin SIMPATIKA Kab/Ko pada saat pembuatan Akun Lembaga sewaktu masih PADAMU NEGERI ( kalau tidak salah Tahun 2013 ) berdasarkan data yang ada saat itu. Penamaan Nama RA sendiri saat itu untuk membedakan jenjang antara TK dengan RA dan RA dengan MI, MTs dan MA menggunakan awalan RA untuk di PADAMU NEGRI ( kini menjadi SIMPATIKA ).
2. Nama Madrasah di EMIS pada Tahun 2016 saat INPUT awal di Verval SP EMIS dilakukan oleh masing-masing Operator RA yang mana juga untuk penamaan Nama RA cukup diinput nama RA nya saja dan tanpa awalan kata RA.
3. Karena itu saat sekarang disinkronisasikan bisa saja ditemui ada perbedaan penulisan.
4. Bila yang benar adalah nama RA yang ada di kolom EMIS pada Verval NSM SIMPATIKA, maka perbaikan nama RA bisa diubah dengan menghubungi Admin SIMPATIKA Kab/Ko di wilayah masing-masing.
5. Namun bila nama RA yang benar penulisannya yang ada di kolom SIMPATIKA, maka perbaikan nama RA harus menunggu kembali Verval SP EMIS berikutnya atau bisa juga menghubungi Admin EMIS Kab/Ko wilayahnya masing-masing mengenai perubahan penulisan nama RA di EMIS.
6. Yang tidak boleh dilupakan pula, apabila terdapat perbedaan penulisan nama RA yang fatal dan signifikan antara yang ada di kolom SIMPATIKA dengan yang ada di kolom EMIS pada Verval NSM Layanan SIMPATIKA, perhatikan pula IZOP Terbaru RA nya, mana yang lebih sesuai dengan penulisan nama RA di IZOP, nama RA di SIMPATIKA atau nama RA di EMIS yang sama dengan nama RA yang ada di IZOP. Hal ini menghindari agar Operator RA tidak terlalu banyak kerjaan ubah sana sini yang menghabiskan energi.
7. Jangan lupa untuk selalu KOORDINASI dan KONSULTASI baik dengan Admin SIMPATIKA Kab/Ko maupun Admin EMIS Kab/Ko guna SOLUSI yang TERBAIK.

Demikian semoga bermanfaat

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2018. FK OPERA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger