Home »
» PERSIAPAN EMIS SEMESTER GANJIL TP. 2017/2018
PERSIAPAN EMIS SEMESTER GANJIL TP. 2017/2018
OPERA Mania dimana pun berada ..... Salam OPERA !
Seperti yang sudah kita ketahui, alami dan jalani bersama, disetiap awal Tahun Pelajaran baru, yakni semester ganjil OPERA Mania akan selalu dihadapi dengan setiap gelaran pendataan online, yakni SIMPATIKA dan EMIS.
Khusus EMIS di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018, info yang beredar di dunia maya para Operator Madrasah akan mengalami perubahan besar dibandingkan tahun sebelumnya. Apa sajakah perubahan yang terjadi ? Berikut ulasannya yang Admin kutip , copy dan sadur dari berbagai macam sumber, baik itu dari web operator madrasah, grub whatsapp operator madrasah , grub facebook operator madrasah dan grub telegram operator madrasah.
Rencananya pendataan emis di Tahun Pelajaran 2017/2018 tidak
lagi menggunakan pendataan seperti tahun sebelumnya yaitu melalui mengisi Form EMIS Excel, menggodok datanya di Aplikasi Desktop EMIS dan setelah itu baru mengupload extract datanya ke EMIS Online, TIDAK LAGI seperti itu, akan tetapi pendataan akan langsung melalui Emis
berbasis Online, fitur dan tampilannya hampir seperti di pendataan excel, hanya
saja berupa web dan secara online.
Aplikasi EMIS Online Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 memiliki Alur-alur sebagai berikut : 1. ALUR VERVAL PTK
Dalam hal ini dijelaskan bahwa PTK yang sudah Sertifikasi / TPG
akan mempunyai akun sendiri dengan mendaftar melalui Emis SDM dengan isian diantaranya adalah :
1. Ijasah Terakhir
2. SK Tugas/Guru SK awal dan akhir
3. SK Kepegawaian
4. Sertifikasi
2. ALUR SIM PENDATAAN MADRASAH
Alur SIM Pendataan Madrasah diantaranya :
1. Siswa Baru
2. Siswa Naik/Tidak Naik
3. Siswa Lulusan
4. PTK
Berikut Admin share Rencana Pengembangan apa saja yang akan dilakukan oleh EMIS Pendis Kemenag Pusat pada Pendataan EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 :
1. Aplikasi
EMIS Online.
2.
Sistem Sinkronisasi secara migrasi data yang diambilkan data EMIS Genap Tahun
Pelajaran 2016/2017.
3.
Untuk menghindari upload atau pembenahan data yang salah cukup membuka bagian
yang salah saja, jadi tidak perlu mengupload ulang data secara keseluruhan.
4. EMIS
Ganjil 2017/2018 tidak pakai format excel lagi namun pola seperti aplikasi
raport, database referensi hasil data genap 1617 diambil secara online lalu
direstore ke aplikasi dekstop, lembaga cukup mengganti status siswa naik kelas
atau tidak, lulus atau tidak serta mutasi. Selanjutnya menginput siswa baru
saja. Selain itu juga melengkapi data yang lalu, yang sekiranya tidak diisi
secara lengkap.
5. Bagi
MI yg mendapat siswa baru dari RA/TK, agar dicroscek lagi terkait NISN, karena
info bahwa di TK sudah diterbitkan NISN agar tidak lagi diusulkan pada jenjang
MI.
5. Mohon
dicek lagi terkait NISN dan NISM siswa. jika ada kesalahan agar segera
diperbaiki di semester ganjil ini, karena pola pendataan kedepan sudah tidak
bisa diperbaiki lagi karena sistem database referensi online berbasis pendataan
sebelumya,
6. Mohon
untuk mengecek dengan teliti tingkatan kelas siswa karena kedepannya tidak
input lagi, tugas kita hanya menetapkan status naik kelas atau tidak, karena
sering terjadi salah penempatan kelas dan jenis kelamin siswa.
7. Kedepannya
EMIS akan ONLINE REAL TIME sehingga saat ada perubahan, lembaga langsung
merubahnya dan otomatis perubahannya akan masuk di server kanwil dan pusat.
8. Aplikasi
EMIS juga akan terintegrasi dengan aplikasi raport sehingga lembaga akan
langsung menginput absen dan semua nilai siswa dan pas akhir semester madrasah
juga langsung mencetak raport siswa untuk dibagikan ke siswa.
9. Nantinya
di aplikasi emis akan ada output berita acara yang digunakan untuk pencairan
dana BOS / BOP tiap semester, jadi jumlah siswa di EMIS menjadi patokan
pencairan dana BOS / BOP dan lembaga yang tidak mengerjakan/menyelesaikan EMIS
maka tidak bisa mencairkan dana BOS / BOP.
10. Aplikasi EMIS juga akan dikembangkan seperti
Dapodik yang seluruh pendataan terintegrasi dalam satu aplikasi yang
tentunya butuh waktu.
11. Pendataan
lembaga, rombel, sisiwa dan guru madrasah akan dihubungkan dengan jadwal
kegiatan belajar mengajar, fungsinya untuk mengetahui beban kerja atau jam
mengajar guru masing-masing.
12. Pendataan
nilai siswa yang meliputi Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Semester,
Nilai Raport dan UAMBN / UAMBD.
13. Pencetakan
dokumen persyaratan pencairan dana BOS / BOP dan pelaporan realisasi dana BOS /
BOP.
14. Proses
updating data EMIS (Lembaga, Siswa dan PTK) bisa dilakukan dengan berbasis data
referensi (mekanisme cut off) yang bermanfaat untuk meringankan pekerjaan
operator penyelesaian data EMIS.
15. Dekstop
EMIS berfungsi untuk menyingkronkan data dengan data pusat.
16. Veval
PTK, yaitu : memberlakukan Verval EMIS : untuk menerbitkan/ merapikan master
data referensi lembaga dan PTK secara menyeluruh, termasuk mengadministrasikan
dokumen perizinan lembaga dan dokumen kepegawaian PTK. Serta melakukan
konfirmasi keaktifan lembaga dan PTK.
17. Mengoptimalkan
media publikasi data EMIS berbasis WEB/GIS (Dashboard EMIS) untuk meningkatkan
pelayanan data para stakeholder Pendis.
18. Meningkakan
sinkronisasi dan integrasi data dengan sistem informasi lain, naik internal
mupun eksternal, yang menjadi tantangan besar.
Jadi Emis semester ganjil 2017/2018 akan full online. Hanya
siswa kelas 7 dan 10 saja yang menggunakan excel. Selebihnya tinggal di naikkan
kelasnya secara online. Kalau dilihat dari spek ( kapasitas ) komputer PC / Laptop yang
digunakan cukup tinggi dan lumayan di kantong ... he he he
Berikut Speks PC / Laptop YANG DISARANKAN untuk Pendataan EMIS Semester Ganjil TP. 2017/2018 :
Overview
Aplikasi Model: Web-based
Platform:
Wampp/Xampp stack
Database:
Postgresql 9.2
Requirement:
Komputer: PC Dedicated
Processor:
Pentium Core i3
OS:
Windows 7
RAM:
4GB
Harddisk:
500 MB
Karenanya
setiap RA/Madrasah Swasta bersiap untuk menuju era serba online dan digital.
Kepala madrasah wajib menyediakan fasilitas Laptop yang mumpuni dan Internet berikut kuotanya untuk para Operator RA agar dalam pengerjaan Data EMIS RA nya berjalan LANCAR.
Apa saja hal-hal data yang perlu dipersiapkan oleh setiap Operator RA dalam menghadapi Pendataan EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018, berikut diantaranya :
Hal-hal yang harus disiapkan di Pendataan EMIS
Semester Ganjil TP. 2017/2018 :
1. Input Siswa Baru Dengan Menggunakan Form EMIS Excel Semester
Genap TP. 1617
2. Update Profile Lembaga TP. 2017/2018
- Data Umum Madrasah
- Lokasi Madrasah
- Jarak Madrasah
- Dokumen Perijinan & Sertifikat ISO
- Akreditasi Madrasah
- Kelompok Kerja Madrasah
- Data Kepala Madrasah
- Data Bantuan Operasional Sekolah
- DIPA
- NSM Perubahan
3.Update Sarana
Prasarana TP. 2017/2018
- Kepemilikan Tanah
- Jumlah dan Kondisi Bagunan
- Sarana Prasarana Pembelajaran
- Sarana Prasarana Lainya
- Rincian Data Ruangan
- Ketersediaan Listrik
- Ketersediaan Air Sanitasi
- Ketersediaan Jaringan Internet
4. Update Tenaga Pendidik & Kependidikan TP. 2017/2018
- Pendidik
- Kependidikan
5. Siswa TP. 2017/2018
- Jumlah Pendaftar & Jumlah Siswa
- Data Rombongan Belajar
6. Update Kegiatan Belajar Mengajar 2017/2018
- Kegitan Belajar Mengajar
- Kegiatan EKstrakulikuler Yang Diselenggarakan
7.
Update Keuangan & Bantuan
8. Verval PTK
Scan Data Pendukung
a. Ijazah Terakhir
b. Sertifikat Pendidik
c. SK Inpassing
d. Dll
Beberapa minggu yang lalu di Yogyakarta telah dilakukan Sosialisasi Rencana Pengembangan Emis Tahun 2017/2018 oleh Bapak Denny Triantomo selaku Team Emis Pusat , yang mana isi materi
sosialisasi EMIS TP. 2017/2018 adalah sebagai berikut :
2. MATERI VERVAL PTK/GURU & PENGAWAS PADA EMIS 2017/2018
Halaman Web EMIS Online bisa diakses di
: https://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/
Demikianlah OPERA Mania beberapa gambaran yang bisa Admin share perihal Aplikasi Pendataan EMIS Online Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 dan Verval PTK/Guru yang nantinya juga akan ada di EMIS 2017/2018. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa pula GUNA MENGHADAPI EMIS GANJIL 2017/2018 .. OPERA Club Online akan mengadakan KOPDAR 4 OPERA ... dengan TEMA : GARAP BARENG EMIS RA Semester Ganjil 2017/2018 .. yang insya Alloh waktu dan tempat pelaksanaanya akan kami informasikan setelah Aplikasi EMIS Online Semester Ganjil 2017/2018 LAUNCHING.
Pernahkah anda mengalami ... Your Connection is not secure ( sambungan/koneksi internet anda tidak aman ) ... saat anda ingin browsing di ...
Tentang LLC
LLC adalah KOMUNITAS Online,Tempat Belajar,Lab,Tempat Ngumpulnya dan Pembinaan para OPErator RAyang kesehariannya bergelut dengan duniadata baik data Onlinemaupun data Offline, baik itu berupa data EMIS,SIMPATIKA, Verval SP EMIS, Verval SP PDSP, danlain-lain data OnlinemaupunOffline seperti Fingerprint, sertaAdministrasi RA, baik software maupun Hardware. Membuka diri agar tidak GAPTEK .. Secara Bertahap menjadi OPErator RA yang Mahir/Handal, Melek IT dan Tehnologi Data. LLCmemang di disain khusus untuk dunianya OPErator RA ( OPERA )Mania. Dengan Motto " Republik of OPERA " Para OPERA Mania tidak akan merasa sendiriandalam menggarapData Online, baik EMIS, Simpatika dan lain-lain Pendataan Online. Club OPERA Indonesia hadir untuk para Operator RA yang haus akan Dunia Data Online. Karena OPERA Mania, maka kami Ada.
0 komentar:
Posting Komentar