" Assalamu'alaikum ... Selamat Datang di Laptop Lovers ... Wadah INFORMASI dan SILATURAHMI Komunitas Laptop Lovers ... Selamat Menikmati Layanan Share Info, Artikel, Materi, File, Aplikasi dan Software di Web Resmi milik kita bersama ... Laptop Lovers ... Pantau Terus Web Laptop Lovers guna mendapatkan info/artikel/file/aplikasi/software update ... dan tetap TERKONEKSI dengan Grub WA Laptop Lovers "

BREAKING NEWS / INFO Laptop Lovers

Home » » PERSIAPAN EMIS SEMESTER GANJIL TP. 2017/2018

PERSIAPAN EMIS SEMESTER GANJIL TP. 2017/2018

OPERA Mania dimana pun berada .....

Salam OPERA !



Seperti yang sudah kita ketahui, alami dan jalani bersama, disetiap awal Tahun Pelajaran baru, yakni semester ganjil OPERA Mania akan selalu dihadapi dengan setiap gelaran pendataan online, yakni SIMPATIKA dan EMIS.





Khusus EMIS di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018, info yang beredar di dunia maya para Operator Madrasah akan mengalami perubahan besar dibandingkan tahun sebelumnya. Apa sajakah perubahan yang terjadi ? Berikut ulasannya yang Admin kutip , copy dan sadur dari berbagai macam sumber, baik itu dari web operator madrasah, grub whatsapp operator madrasah , grub facebook operator madrasah dan grub telegram operator madrasah.


Rencananya pendataan emis di Tahun Pelajaran 2017/2018 tidak lagi menggunakan pendataan seperti tahun sebelumnya yaitu melalui mengisi Form EMIS Excel, menggodok datanya di Aplikasi Desktop EMIS dan setelah itu baru mengupload extract datanya ke EMIS Online, TIDAK LAGI seperti itu,  akan tetapi pendataan akan langsung melalui Emis berbasis Online, fitur dan tampilannya hampir seperti di pendataan excel, hanya saja berupa web dan secara online.


















Aplikasi EMIS Online Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 memiliki Alur-alur sebagai berikut :

1. ALUR VERVAL PTK



Dalam hal ini dijelaskan bahwa PTK yang sudah Sertifikasi / TPG akan mempunyai akun sendiri dengan mendaftar melalui Emis SDM dengan isian diantaranya adalah :
1. Ijasah Terakhir
2. SK Tugas/Guru SK awal dan akhir
3. SK Kepegawaian

4. Sertifikasi

2. ALUR  SIM  PENDATAAN MADRASAH



Alur SIM Pendataan Madrasah diantaranya :
1. Siswa Baru
2. Siswa Naik/Tidak Naik
3. Siswa Lulusan

4. PTK

Berikut Admin share Rencana Pengembangan apa saja yang akan dilakukan oleh EMIS Pendis Kemenag Pusat pada Pendataan EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 :

1. Aplikasi EMIS Online.
2. Sistem Sinkronisasi secara migrasi data yang diambilkan data EMIS Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.
3. Untuk menghindari upload atau pembenahan data yang salah cukup membuka bagian yang salah saja, jadi tidak perlu mengupload ulang data secara keseluruhan.
4. EMIS Ganjil 2017/2018 tidak pakai format excel lagi namun pola seperti aplikasi raport, database referensi hasil data genap 1617 diambil secara online lalu direstore ke aplikasi dekstop, lembaga cukup mengganti status siswa naik kelas atau tidak, lulus atau tidak serta mutasi. Selanjutnya menginput siswa baru saja. Selain itu juga melengkapi data yang lalu, yang sekiranya tidak diisi secara lengkap.
5. Bagi MI yg mendapat siswa baru dari RA/TK, agar dicroscek lagi terkait NISN, karena info bahwa di TK sudah diterbitkan NISN agar tidak lagi diusulkan pada jenjang MI.
5. Mohon dicek lagi terkait NISN dan NISM siswa. jika ada kesalahan agar segera diperbaiki di semester ganjil ini, karena pola pendataan kedepan sudah tidak bisa diperbaiki lagi karena sistem database referensi online berbasis pendataan sebelumya,
6. Mohon untuk mengecek dengan teliti tingkatan kelas siswa karena kedepannya tidak input lagi, tugas kita hanya menetapkan status naik kelas atau tidak, karena sering terjadi salah penempatan kelas dan jenis kelamin siswa.
7. Kedepannya EMIS akan ONLINE REAL TIME sehingga saat ada perubahan, lembaga langsung merubahnya dan otomatis perubahannya akan masuk di server kanwil dan pusat.
8. Aplikasi EMIS juga akan terintegrasi dengan aplikasi raport sehingga lembaga akan langsung menginput absen dan semua nilai siswa dan pas akhir semester madrasah juga langsung mencetak raport siswa untuk dibagikan ke siswa.
9. Nantinya di aplikasi emis akan ada output berita acara yang digunakan untuk pencairan dana BOS / BOP tiap semester, jadi jumlah siswa di EMIS menjadi patokan pencairan dana BOS / BOP dan lembaga yang tidak mengerjakan/menyelesaikan EMIS maka tidak bisa mencairkan dana BOS / BOP.
10. Aplikasi EMIS juga akan dikembangkan seperti Dapodik yang seluruh pendataan terintegrasi dalam satu aplikasi yang tentunya butuh waktu.
11. Pendataan lembaga, rombel, sisiwa dan guru madrasah akan dihubungkan dengan jadwal kegiatan belajar mengajar, fungsinya untuk mengetahui beban kerja atau jam mengajar guru masing-masing.
12. Pendataan nilai siswa yang meliputi Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Semester, Nilai Raport dan UAMBN / UAMBD.
13. Pencetakan dokumen persyaratan pencairan dana BOS / BOP dan pelaporan realisasi dana BOS / BOP.
14. Proses updating data EMIS (Lembaga, Siswa dan PTK) bisa dilakukan dengan berbasis data referensi (mekanisme cut off) yang bermanfaat untuk meringankan pekerjaan operator penyelesaian data EMIS.
15. Dekstop EMIS berfungsi untuk menyingkronkan data dengan data pusat.
16. Veval PTK, yaitu : memberlakukan Verval EMIS : untuk menerbitkan/ merapikan master data referensi lembaga dan PTK secara menyeluruh, termasuk mengadministrasikan dokumen perizinan lembaga dan dokumen kepegawaian PTK. Serta melakukan konfirmasi  keaktifan lembaga dan PTK.
17. Mengoptimalkan media publikasi data EMIS berbasis WEB/GIS (Dashboard EMIS) untuk meningkatkan pelayanan data para stakeholder Pendis.

18. Meningkakan sinkronisasi dan integrasi data dengan sistem informasi lain, naik internal mupun eksternal, yang menjadi tantangan besar.


Jadi Emis semester ganjil 2017/2018 akan full online. Hanya siswa kelas 7 dan 10 saja yang menggunakan excel. Selebihnya tinggal di naikkan kelasnya secara online. Kalau dilihat dari spek ( kapasitas ) komputer PC / Laptop yang digunakan cukup tinggi dan lumayan di kantong ... he he he

Berikut Speks PC / Laptop YANG DISARANKAN untuk Pendataan EMIS Semester Ganjil TP. 2017/2018 :

Overview Aplikasi Model: Web-based
Platform: Wampp/Xampp stack
Database: Postgresql 9.2

Requirement: Komputer: PC Dedicated
Processor: Pentium Core i3
OS: Windows 7
RAM: 4GB
Harddisk: 500 MB


Karenanya setiap RA/Madrasah Swasta bersiap untuk menuju era serba online dan digital. Kepala madrasah wajib menyediakan fasilitas Laptop yang mumpuni dan Internet berikut kuotanya untuk para Operator RA agar dalam pengerjaan Data EMIS RA nya berjalan LANCAR

Apa saja hal-hal data yang perlu dipersiapkan oleh setiap Operator RA dalam menghadapi Pendataan EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018, berikut diantaranya :

Hal-hal yang harus disiapkan di Pendataan EMIS Semester Ganjil TP. 2017/2018 :

1. Input Siswa Baru Dengan Menggunakan Form EMIS Excel Semester Genap TP. 1617
2. Update Profile Lembaga TP. 2017/2018
- Data Umum Madrasah
- Lokasi Madrasah
- Jarak Madrasah
- Dokumen Perijinan & Sertifikat ISO
- Akreditasi Madrasah
- Kelompok Kerja Madrasah
- Data Kepala Madrasah
- Data Bantuan Operasional Sekolah
- DIPA
- NSM Perubahan
3.  Update Sarana Prasarana TP. 2017/2018
- Kepemilikan Tanah
- Jumlah dan Kondisi Bagunan
- Sarana Prasarana Pembelajaran
- Sarana Prasarana Lainya
- Rincian Data Ruangan
- Ketersediaan Listrik
- Ketersediaan Air Sanitasi
- Ketersediaan Jaringan Internet
4. Update Tenaga Pendidik & Kependidikan TP. 2017/2018
- Pendidik
- Kependidikan
5. Siswa TP. 2017/2018
- Jumlah Pendaftar & Jumlah Siswa
- Data Rombongan Belajar
6. Update Kegiatan Belajar Mengajar 2017/2018
- Kegitan Belajar Mengajar
- Kegiatan EKstrakulikuler Yang Diselenggarakan
7. Update Keuangan & Bantuan
8. Verval PTK
Scan Data Pendukung
a. Ijazah Terakhir
b. Sertifikat Pendidik
c. SK Inpassing
d. Dll

Beberapa minggu yang lalu di Yogyakarta telah dilakukan Sosialisasi Rencana Pengembangan Emis Tahun 2017/2018 oleh Bapak Denny Triantomo selaku Team Emis Pusat , yang mana isi materi sosialisasi EMIS TP. 2017/2018 adalah sebagai berikut :

1. MATERI TEHNIS APLIKASI PENDATAAN EMIS RA/MADRASAH TP. 2017/2018 :


































2. MATERI VERVAL PTK/GURU & PENGAWAS PADA EMIS 2017/2018

















































Halaman Web EMIS Online bisa diakses di 
: https://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/




Demikianlah OPERA Mania beberapa gambaran yang bisa Admin share perihal Aplikasi Pendataan EMIS Online Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 dan Verval PTK/Guru yang nantinya juga akan ada di EMIS 2017/2018.

Semoga bermanfaat.

Dan jangan lupa pula GUNA MENGHADAPI EMIS GANJIL 2017/2018 .. OPERA Club Online akan mengadakan KOPDAR 4 OPERA ... dengan TEMA : GARAP BARENG EMIS RA Semester Ganjil 2017/2018 .. yang insya Alloh waktu dan tempat pelaksanaanya akan kami informasikan setelah Aplikasi EMIS Online Semester Ganjil 2017/2018 LAUNCHING.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2018. FK OPERA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger