" Assalamu'alaikum ... Selamat Datang di Laptop Lovers ... Wadah INFORMASI dan SILATURAHMI Komunitas Laptop Lovers ... Selamat Menikmati Layanan Share Info, Artikel, Materi, File, Aplikasi dan Software di Web Resmi milik kita bersama ... Laptop Lovers ... Pantau Terus Web Laptop Lovers guna mendapatkan info/artikel/file/aplikasi/software update ... dan tetap TERKONEKSI dengan Grub WA Laptop Lovers "

BREAKING NEWS / INFO Laptop Lovers

Home » » PROBLEMATIKA dan PROBLEM SOLVING saat mengerjakan APLIKASI DESKTOP EMIS RA

PROBLEMATIKA dan PROBLEM SOLVING saat mengerjakan APLIKASI DESKTOP EMIS RA

Salam OPERA !


OPERA Mania, aplikasi desktop EMIS sebagai suatu garapan rutin disetiap semester, masih menjadi momok utama bagi opera mania. Setiap gelaran EMIS, selalu saja kita jumpai dan temui kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Dari gelaran EMIS yang ada, kita bisa rangkum disini, hal-hal error apa saja yang sering dialami oleh opera mania dalam mengerjakan emis RA, berikut ulasannya.


1. Bila menjumpai NSM yang dimasukkan belum terdaftar, Opera Mania harus menghubungi Admin EMIS Kankemenag Kota. Gambar kasusnya seperti ini :


Error seperti ini bisa disebabkan karena :

a. Coba diingat-ingat, apakah Opera Mania pernah menggunakan aplikasi desktop tersebut dengan NSM yang berbeda. Kalau sudah pernah dipakai dengan NSM yang berbeda, delete aplikasi desktop tersebut, lalu download ulang lagi, gunakan dengan NSM RA Opera Mania.

b. NSM RA Opera Mania belum terdaftar di database Emis Online. What ? Kok bisa begitu? Jangan-jangan saat Opera Mania menginput data di Verval SP Emis ada kesalahan penulisan. Kok bisa seh salah input? Lantas, apa solusinya? Ya perbaiki lagi data Verval SP nya. Segera hubungi Admin EMIS Kankemenag Kota nya agar bisa LOGIN kembali ke Verval SP EMIS. Namun dengan dilakukannya Verval SP EMIS secara mandiri oleh Opera Mania, sepertinya kasus-kasus seperti ini sudah mulai jarang terjadi, kecuali bila Opera Mania tidak melakukan Verval SP di EMIS SDM.


2. Kesalahan OLD Format or invalid type library. ( Exception from HRESULT:0x80028018    ( TYPE_E_INVDATAREAD )). Gambarnya seperti di bawah ini :



Hal ini diakibatkan karena format region di laptop OPERA Mania belum disetting menjadi English ( United States ). Setting dulu dengan cara klik ... start --- control panel --- Clock --- Language --- Region --- Region and Language. Pada tab format silahkan pilih bahasa : English ( United States ) --- OK.
Khusus di windows 8, itu yang English ( Uinited States ) ada 2, yakni di Language dan Region nya.



3. Kesalahan : Exception from HRESULT:0x800A01A8, gambarnya seperti ini :



ini terjadi karena form excel yang akan diupload di aplikasi desktop masih terbuka. OPERA Mania mungkin lupa klik exit form EMIS excelnya saat menginput data. Tutup dulu semua form EMIS Excel nya saat mengerjakan aplikasi desktop EMIS.

4. Kesalahan : Conversion from string " to type 'double' is not valid " 


ini terjadi karena adanya Copy Paste dari data yang sudah ada dari data ada ketidak telitian penulisan ( perhatikan format excel dan kolom lainnya ). Contohnya seperti di bawah ini, setelah di copy paste ternyata format excel nya berbeda.



Format penulisan dengan nilai E+17 itu salah, seharusnya tertulis seperti deret text yakni 123456789012345678. Ubah format cell nya ke penulisan yang sesuai.

5. Munculnya kesalahan seperti : The field is too small to accept the amount of data you attempted to add. Try inserting or pasting less data.



ini semodel dengan yang ada di point nomor 4, ada copy paste yang kurang cermat dan teliti, silahkan cek ulang format cellnya. 
Contohnya pada penulisan tahun dibawah ini :

Maksudnya mau copy paste tahun, tetapi penulisan tahunnya berubah dikarenakan adanya perubahan format cell yang ada di kolom tersebut. Ubah dulu format cellnya dengan penulisan yang sesuai.

6. The Microsoft.ACEOLEDB.12.0' ( Aplikasi Desktop EMIS tidak sesuai dengan OS Windows )



Hal ini diakibatkan karena ketidaksesuai antara type OS Windows dengan Engine Access. Hal di atas menyatakan bahwa di laptop OPERA Mania yang ber OS Windows 64 bit belum terinstall Microsoft Access Database Engine 2010 64 bit, dikarenakan OPERA Mania menggunakan Microsoft OOfice 2010 yang 32 bit.

Silahkan cek keberadaannya di : tombol windows + R --- ketik control panel --- klik OK --- klik PROGRAM --- klik Programs and features ... lalu silahkan cek, apakah ada terinstall Microsoft Access Database Engine di dalamnya.

Perhatikan keterangan berikut ini.
1. Laptop OS Windows 32 bit haruslah ber Microsoft Office yang 32 bit, lalu installkan Microsoft Access Engine Database 32 bit di bawah ini :
Microsoft Access Database Engine 2010 versi 32 bit

2. Laptop OS Windows 64 bit haruslah ber Microsoft Office yang 64 bit, lalu installkan Microsoft Access Database Engine 64 bit di bawah ini :
Microsoft Access Database Engine 2010 versi 64 bit

7. Terlalu banyak aplikasi terbuka di laptop, gambar kasusnya seperti di bawah ini :



Hal ini dikarena 'memory laptop yang terkuras, karena berjalannya beberapa aplikasi secara bersamaan atau bisa juga disebabkan oleh ANTIVIRUS yang bekerja, atau antivirus yang memakan memory.

Jalan keluarnya, segera MATIKA aplikasi atau antivirus yang sedang berjalan. Namun bila masih terjadi hal yang sama setelah semua dimatikan, maka laptop OPERA Mania sebaiknya DIINSTALL ULANG OS WINDOWS nya.

8. Kesalahan : Operation must use an updateable query, gambar kasusnya seperti ini :



Untuk mengatasi hal ini, OPERA Mania harus mengganti dan download ulang Aplikasi Desktop EMIS RA yang baru. Gunakan aplikasi desktop yang masih baru.

9. Kesalahan Copy Paste tidak menggunakan Copy Paste Special ( 123 ), seperti kasus dibawah ini.



10. Microsoft Office yang tidak berjalan dengan sempurna. 



Kalau muncul pemberitahuan seperti ini, berarti laptop OPERA Mania harus menginstall ulang Microsoft Office nya.

11. Validasi has stopped working. 

Hal ini diakibatkan karena terdapat KESALAHAN, sehingga secara terpaksa OS Windows menutup aplikasi desktop atau aplikasinya TIDAK MAU BERJALAN.

Cek NETFRAMEWORK di laptop, sesuaikan dengan OS Windows nya. Aplikasi Desktop EMIS RA biasanya berjalan normal di Netframwork 3.5. Untuk OS Windows 7 tidak ada masalah karena sudah include di dalamnya.
Permasalahan baru akan muncul pada OS Windows 8, Netframework yang terinstall di windows 8 baru Netframework 4.6. Walau sudah ada slot buat Netframework 3.5, tapi masih kosong. OPERA Mania harus 'mengklik kotak kosong tersebut', mendownload nya via jaringan internet di slot tersebut.

12. Kesalahan penulisan di aplikasi desktopnya seperti pada gambar dibawah ini.



terlihat warning penulisan salah, padahal jika dilihat datanya sudah betul. Cek Regional setting nya ( bagian Desimal Symbol dengan tanda (.) ).
Bisa juga karena kasus seperti gambar dibawah ini ( terblock MERAH ).



Tanggal lahir sepintas terlihat tidak ada yang salah, tetapi setelah dicek by sistem dinyatakan salah. Bisa jadi ada spasi, atau cek ulang Regional Settingnya ( format tanggal ) dalam format English ( United States ) ya.

Ada juga kasus seperti ini :



Adanya penulisan Kecamatan yang dianggap salah. Silahkan ikuti penulisan kecamatan yang sesuai dengan Master Kecamatan untuk EMIS, dibawah ini :

Master Kecamatan for EMIS

Cara mengubah penulisan kecamatan yang salah, dengan terlebih dahulu memilih Provinsi, lalu Kabupaten/Kota, dan kemudian ketik kecamatan yang dimaksud sesuai dengan petunjuk penulisan yang ada di Master Kecamatan for EMIS. Klik simpan dan keluar dari aplikasi Desktop.

Nah OPERA Mania demikianlah ulasan Admin perihal Error yang sering dijumpai dalam menggarap Aplikasi Desktop EMIS RA.

Semoga bermanfaat









Print Friendly and PDF
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2018. FK OPERA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger